TERNYATA BAHASA JEPANG ADALAH BAHASA TERSULIT DI DUNIA NOMOR 3

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia yang digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bahasa bisa berupa kata atau juga gerakan. Di dunia ini ada berbagai macam bahasa tersulit di dunia yang digunakan manusia di setiap negara yang ditempatinya, tak terkecuali Jepang yang menggunakan Bahasa jepang atau disebut juga nihon go (日本語) sebagai bahasa penuturnya.

Tapi tahukah kamu bahwa Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang sulit dipelajari di dunia ini. Jepang menduduki peringkat ke-3 sebagai bahasa yang bagi orang asing akan sulit untuk mempelajarinya. Lalu negara mana saja yang mempunyai penutur bahasa yang sulit dipelajari? berikut akan dirangkum dalam 7 negara dengan bahasa tersulit di dunia.

Bahasa Thailand (タイ語)

Di peringkat ke-7 sebagai bahasa tersulit di dunia diisi oleh Bahasa Thailand. Bahasa ini terbilang sulit karena dari total semua 46 kata terdapat 5 intonasi nada yang berbeda yaitu rendah, sedang, tinggi, naik dan menurun. Meskipun tidak seluruh kata mempunyai 5 intonasi nada namun dalam satu kata minimal memiliki 1 intonasi nada yang berbeda.

Sebenarnya hal yang paling sulit dipelajari dari Bahasa Thailand adalah penulisan hurufnya yang rumit. Hampir sebagian orang asing yang belajar Bahasa Thailand hanya mempelajari kosakata dan cara bicara tapi tidak mempelajari hurufnya karena banyak simbol-simbol yang harus dihafalkan.

Bahasa Hungaria (ホンガリア語)

Jika Anda sudah fasih dan terbiasa berbicara bahasa inggris kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata dari Bahasa Hungaria karena huruf “S” dalam pengucapannya berbunyi seperti “Sz”. Untuk huruf “S” sendiri bunyinya menjadi “Sh” sehingga apabila biasanya anda menggunakan huruf belakang “s” dalam bahasa inggris untuk menunjukkan 2 buah benda atau lebih, di Hungaria anda harus menambahkan huruf “Sz”.

Dalam hungarian language terdapat beberapa jenis huruf vokal diantaranya vokal depan, vokal belakang dan campuran vokal. Huruf vokal depan terdiri dari huruf (e, é, i, í, ö, ?, ü, ?), sedangkan huruf vokal belakang terdiri dari huruf (a, á, o, ó, u, ú). Bahasa Hungaria tidak mempunyai kata khusus untuk membedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan serta hanya memiliki 3 bentuk kata waktu yaitu masa lampau, saat kini dan masa depan.

Greece (ギリシャ)

Tahukah anda bahwa hampir 30% kosakata Bahasa Inggris sebenarnya berasal dari bahasa klasik Yunani. Biasanya kata-kata tersebut berupa kata teknikal atau yang berkaitan dengan hal ilmiah seperti aero (Bahasa Inggris) dalam Bahasa Yunani disebu aeer yang artinya udara.

Bahasa Yunani menunjukkan karakterstik gender tersendiri seperti untuk pria, wanita dan juga netral. Sehingga pada akhir kalimat akan menunjukan secara langsung kepada siapa kita berbicara. Pengucapan kata kerja juga dipengaruhi oleh mood, angka, orang, dan keadaan.

Greek Language atau Bahasa Yunani juga mempunyai huruf yang berbeda seperti pada umumnya huruf alfabhet. Dalam susunan Huruf Yunani, bentuk huruf R memiliki kesamaan dengan huruf P. Begitupun pada huruf-huruf lainnya. Namun jika anda sudah bisa menghafal bentuk-bentuk huruf Yunani, sudah dipastikan anda akan bisa membaca semua tulisan Yunani yang ada.

Korean Language (韓国語)

Meskipun termasuk salah satu bahasa tersulit di dunia, namun sejatinya Bahasa Korea mempunyai konsonan huruf yang cukup mudah dipelajari. Bahasa Korea adalah penggabungan dari huruf konsonan dan huruf vokal tapi maksimal terdapat 3 huruf konsonan dan 1 huruf vokal. Jumlahnya adalah 19 kata konsonan dan 21 kata vokal.

Bahasa Korea juga mempunyai pelafalan kata yang berbeda untuk menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara yang lebih tua dari kita. Biasanya kata tersebut diletakkan pada awal dan akhir kalimat.  Bagi orang Eropa dan Amerika, Bahasa Korea memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk dipelajari karena susunan katanya sangat jauh berbeda.

Japanese Language (日本語)

Bahasa Jepang adalah bahasa yang paling saya kuasai. Ada 3 bentuk huruf yang digunakan dalam tata bahasa Jepang yaitu bentuk Hiragana, Katakana dan Kanji. Huruf Kanji merupakan bentuk tersulit karena memiliki ribuan huruf yang semuanya mutlak harus dihafal. Sedangkan Huruf Hiragana dan Katakana masing-masing hanya mempunyai 46 karakter sehingga jumlahnya menjadi 92 huruf.

Karakter orang Jepang yang simpel dan tidak ingin ribet berpengaruh juga terhadap bahasanya. Contohnya ketika kita menanyakan sesuatu kepada seseorang pasti selalu menggunakan subjek dan objek, dalam Bahasa Jepang anda bisa meninggalkan pola tersebut. Contohnya ketika kita bertanya “Apakah kamu sudah makan” kita cukup berkata “tabeta?” diiringi dengan intonasi bertanya.

Arabian (アラブ語)

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tersulit di dunia dipelajari karena mempunyai berbagai macam dialek. Setidaknya terdapat 13 tata bahasa di dalam Bahasa Arab yang digunakan setiap harinya dalam conversation atau percakapan. Jika anda biasa menulis diawali dari kiri ke kanan, sebaliknya Bahasa Arab cara penulisan dimulai dari kanan ke kiri.

Bahasa Arab juga memiliki konsonan pluran yang berbeda seperti halnya Bahasa Inggris. Ji Inggris jika menyebut objek yang lebih dari 1 harus ditambahkan huruf “s” misalnya “student” menjadi “students. sementara di Arab, student artinya talib sementara students = tulab.

Chinese Language (中国語)

Ini dia bahasa tersulit di dunia yang pertama. Ya, Bahasa Tiongkok adalah bahasa yang menurut semua orang yang mempelajarinya adalah bahasa yang sulit dipelajari. Bahasa ini digunakan oleh Tiongkok dan Taiwan. Ada 2 jenis Bahasa Tiongkok yaitu Mandarin dan Cantonese. Namun sebagian besar orang menggunakan Mandarin.

Tingkat kesulitan saat mempelajari Bahasa Chinese adalah pada nada suara pengucapan ataupun intonasi dari setiap kata. Intonasi nada yang terdapat dalam Bahasa mandarin dibagi menjadi 5 jenis yaitu intonasi nada tinggi. (ba = delapan), intonasi nada meninggi atau meningkat (bá = menarik keluar), intonasi nada menurun kemudian meninggi (ba = menahan), intonasi nada menurun (bà = ayah) intonasi nada datar (ba = arti yang biasanya digunakan pada akhir kalimat).

Hal lain yang membuat sulit belajar Bahasa China adalah adanya sekitar 80.000 karakter kanji dan anda harus memahami minimal 3000 sampai 3500 jenis kanji agar dapat melakukan percakapan sederhana dengan Orang China. Sebagai contoh, untuk dapat membaca 1 artikel dalam sebuah koran berbahasa Mandarin, setidaknya anda harus menghafal minimal 3000 kata.

Japanesia