CARA MERAWAT SEPEDA YANG BAIK DAN BENAR

CARA MERAWAT SEPEDA YANG BAIK DAN BENAR

Ketika membeli sebuah barang baru, tentunya kita meginginkan barang tersebut bisa awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apapun benda yang kita rawat pasti terasa nyaman ketika digunakan terlebih lagi apabila berkaitan dengan kerja suatu alat. Bagi anda gowesers atau pecinta sepeda, menjaga dan merawat sepeda menjadi sebuah keharusan, walaupun hanya dilakukan sebulan sekali.

Saat merawat sepeda, ada beberapa poin yang harus dilakukan misalnya mengecek apakah ada baut/sekrup yang mulai kendor, mata rantai yang sudah aus, atau juga mata gir yang tumpul. Dengan demikian, setelah mengecek semuanya, dapat dipastikan sepeda anda sudah siap pakai.

Mencuci Sepeda Dengan Benar

Salah satu perawatan sepeda yang wajib dilakukan adalah mencucinya dengan benar. Kotoran dan pelumas kotor yang menempel di rantai atau gir dapat mengakibatkan kinerja bagian tersebut berkurang. Akibatnya sepeda menjadi berat saat dikayuh. Lalu Bagaimana cara mencuci sepeda yang benar? Berikut ini adalah tips dan trik mencuci sepeda dengan benar mulai dari sadel hingga sistem pengereman dengan waktu kurang dari satu jam.

Melepaskan Semua Asesoris Sepeda

Tahapan paling utama dalam mencuci sepeda adalah melepaskan semua asesoris yang terdapat di handle bar (setang) seperti : lampu, bel, spidometer dan lain-lain. Apabila sepeda anda menggunakan jenis rem v brakes maka anda harus melepas semua kabel penghubungnya dengan cara menekan kedua bagian sisi calipers. Teknik melepas kabel v brakes ini juga berlaku pada v brakes roda belakang.

Membalikkan Sepeda

Sepeda dibalikkan sehingga posisi roda berada di bagian atas agar proses pencucian menjadi lebih mudah. Agar sadel dan grips sepeda tidak lecet, sebaiknya tambahkan alas yang tidak terlalu empuk atau keras seperti memakai matras dengan ketebalan 5 milimeter.

Adapun tatacara membalikkan sepeda yang benar adalah dengan cara berdiri di samping sepeda, lalu pegang bagian suspensi depan (down tube) sambil satu tangan lainnya memegang seat post (dudukan sadel). Putar perlahan-lahan sampai sepeda terbalik dengan sempurna (kedua roda berada di atas).Atau bisa juga dengan menggunakan alat bantu seperti pada gambar di bawah ini.

Melepaskan Roda Depan & Belakang

Cara melepaskan yaitu  dengan membuka pengencang as roda depan dengan membukakan klip pengunci. Jika sepeda anda tidak menggunakan sistem klip, maka cara melepasnya harus menggunakan kunci pas dengan ukuran sesuai baut pengunci as roda depan. Sedangkan bagian belakang caranya melepas pengencang as roda, tarik ke belakang sistem pemindah gigi (rear derailleur) secukupnya sehingga roda belakang dapat ditarik ke atas.

Membersihkan Sistem Penggerak

Mulailah menyikat dari bagian RD dengan sikat yang sebelumnya telah dibasahi air sabun pencuci sepeda, Sedangkan membersikan bagian rantai gunakan lap kain yang lembut, putar pedal ke arah depan sehingga rantai berputar. Tempelkan lap basah pada rantai sehingga kotoran-kotoran seperti oli, debu, dll yang menempel pada rantai bisa terambil oleh lap tadi.

Membersihkan Bagian Rangka

Lap secara merata ke seluruh bagian rangka sepeda, setang depan (handle bar), frame atas (top tube), dan frame belakang (setways). Jangan lupa juga untuk membersihkan kabel pemindah transmisi dan penarik rem karena biasanya di bagian tersebut juga sering terdapat kotoran-kotoran yang melekat.

Membersihkan Roda

Apabila ada kotoran yang susah dibersihkan, gunakanlah cairan pembersih kotoran dan karat seperti WD-40. Bersihkan bagian as roda, hub, dan seluruh komponen roda termasuk juga jari-jari. Jika sepeda menggunakan jenis rem cakram pada roda, jangan lupa untuk menyikatnya dengan teliti.

Memasang & Mengecek Kembali Komponen Sepeda

Setelah semua bagian selesai dibersihkan, langkah selanjutnya adalah kembali merakit bagian-bagian sepeda. Ketika memasang roda pastikan klip pengencang terpasang dengan baik serta bisa mengunci roda secara sempurna. Untuk roda belakang, caranya adalah masukkan gear belakang di antara mata rantai lalu tekan kebawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna.

Selanjutnya adalah mengecek sistem pengereman. Sebagaimana kita ketahui, rem adalah komponen vital sepeda. Jika rem tak berfungsi dengan normal, nyawa menjadi taruhannya. Untuk cek rem depan dan belakang, berdirilah di depan dan belakang sepeda lalu tekan rem. Kemudian tarik sepeda ke depan & belakang. jika rangka dan roda belakang terangkat artinya rem depan masih berfungsi normal. Dan jika bagian roda depan terangkat, berarti rem belakang juga masih layak digunakan.

Lalu yang terakhir adalah proses pelumasan. Bagian terpenting yang wajib dilumais adalah rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), dan pedal. Pakai pelumas berkualitas dan disarankan untuk tidak menggunakan oli bekas.

Demikianlah Tips Singkat merawat sepeda yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Back To Top