Belajar Huruf Hiragana dan Katakana Dalam Bahasa Jepang Dan Cara Penulisannya

Huruf Hiragana

Di zaman yang serba modern ini, akses informasi seolah tidak ada batasnya. Semua orang dapat mengetahui berbagai budaya dan bahasa di seluruh dunia. Setali tiga uang, saat ini segala hal yang berbau Jepang amat sangat digandrungi oleh kawula muda di dunia termasuk di tanah air kita, Indonesia. Bahkan sekolah-sekolah negeri di Indonesia sudah mulai memasukkan materi pelajaran Bahasa Jepang seperti huruf hiragana, katakana, dan kanji sebagai kurikulum wajib bagi siswanya.

Kecenderungan ingin mempelajari Bahasa Jepang sebenarnya tidak datang dari sisi akademis saja, para pecinta anime, manga, cosplay, dan budaya Jepang yang lainnya pun antusias ingin mempelajari bahasa dari negara yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun tersebut.

Tempat-tempat kursus Bahasa Jepang pun semakin marak ditemui di setiap kota dengan biaya yang tidak sedikit. Padahal materi yang diajarkan pun terbilang sederhana yaitu berupa Bahasa Jepang dasar seperti huruf hiragana, huruf katakana, aisatsu (perkenalan) dan lain-lain.

Huruf Dalam Bahasa Jepang

Bagi anda yang berniat mempelajari Bahasa Jepang, tentu hal pertama yang harus dipelajari adalah huruf Jepang. Sebagaimana kita tahu di Jepang ada 3 jenis huruf yang digunakan yaitu hiragana, katakana, dan kanji.  Huruf-huruf ini berbeda dengan yang biasa kita pakai sehari-hari, jadi anda perlu belajar lagi dari 0 agar mampu menguasainya.

Huruf Hiragana dan Katakana

Perbedaan dari kedua huruf ini adalah dari bentuk huruf, penggunaan huruf dan jumlah hurufnya juga lebih banyak. Kalu mau tahu lebih banyak tentang huruf Hiragana silahkan kunjungi artikelnya di sini.

Huruf Kanji

Huruf kanji juga adalah salah satu jenis huruf yang dipakai di Jepang. Tapi untuk saat ini kamu tidak perlu mempelajarinya karena cukup sulit. Jika ingin belajar kanji sebaiknya kamu harus paham dulu semua jenis huruf hiragana dan katakana

Huruf Hiragana dan Katakana Lengkap

Dari semua huruf di atas tersebut, yang harus pertama dipelajari adalah huruf hiragana. Hiragana adalah huruf asli Jepang yang dibuat sejak zaman dahulu. Huruf ini digunakan untuk menulis partikel dan kata kerja pembantu. Selain itu, juga sebagai kata-kata asli Bahasa Jepang misalnya kaban (tas), jitensha (sepeda), dan lain-lain. Memang ada tulisan kanji yang bisa mewakili kosakata itu, tapi untuk pemula sebaiknya menggunakan hiragana. Di Jepang sendiri pelajaran ini adalah pelajaran dasar yang diajarkan di tingkat TK atau sekolah dasar.

Dalam Bahasa Jepang, semua huruf terdiri dari suku kata berisi huruf konsonan dan huruf vokal. Hanya satu huruf yaitu huruf “N” yang bisa berdiri sendiri. Contohnya jika ada yang bernama “Adam” di Jepang akan berubah menjadi “Adamu” yang terdiri dari huruf  “A, DA, dan MU”.

Sejarah Huruf Hiragana

Hiragana (平仮名) pada zaman dahulu dikenal dengan sebutan onna de (女手) atau tulisan wanita dikarenakan huruf ini biasanya ditulis oleh para wanita untuk menggoreskan cerita mereka. Sementara kaum pria di masa itu biasa  menulis dengan katakana atau kanji. Barulah pada awal abad ke-10 huruf hiragana digunakan secara luas oleh semua kalangan. Kala itu hiragana terbentuk dari garis-garis dan coretan melengkung yang disebut kyokusenteki (曲線的).

Belum ada yang mengetahui siapa yang pertama kali menciptakan huruf hiragana. Ada yang menyebutkan Kooboo Daishi adalah pencetus pertama huruf hiragana, namun pendapat ini dimentahkan dengan alasan huruf hiragana tidak mungkin dibuat oleh satu orang dalam satu kurun waktu tertentu.

Cara Menulis Hiragana

Baik langsung saja kita mulai mempelajari macam-macam huruf hiragana. Ada 4 jenis huruf Hiragana berdasarkan klasifikasi hurufnya yaitu Hiragana Seion (平仮名清音), Hiragana Dakuon (平仮名濁音), Hiragana Handakuon (平仮名半濁音) dan Hiragana Youon (平仮名拗音). Seperti apa saja huruf-huruf tersebut, mari kita bahas satu-persatu.

Huruf Hiragana Seion

Hiragana Seion (dibaca : Seiong) Adalah huruf-huruf pelafalan dasar yang terdiri dari huruf vocal dan huruf konsonan berjumlah 46 huruf. Agar mudah dipelajari, berikut tabel dari huruf hiragana seion ini.

Tabel berikutnya adalah mengenai cara penulisan huruf Hiragana Seion. Garis merah menunjukan goresan pertama, garis hijau adalah goresan kedua, garis biru goresan ketiga dan garis kuning adalah goresan keempat. Sementara tanda panah adalah arah membuat goresan. Tipsnya adalah huruf jepang selalu memulai tulisan dari kiri ke kanan dan atas ke bawah.

Cara Penulisan Huruf Hiragana Seion

Kosakata Bahasa Jepang Hiragana Seion

わたし (Watashi) = Saya  くつ (Kutsu) = Sepatu

あなた (Anata) = Anda   かんたん (Kantan) = Mudah

おいしい (Oishii) = Enak  さくら (Sakura) = Bunga Sakura

いぬ (Inu) = Anjing    おおさか (Oosaka) = Osaka

ねこ (Neko) = Kucing   はる (Haru) = Musim Semi

Huruf Hiragana Dakuon

Huruf Hiragana Dakuon (dibaca : dakuong) berjumlah 20 buah dan merupakan turunan dari sebagian huruf-huruf Hiragana Seion yaitu huruf konsonan ka-ki-ku-ke-ko, sa-shi-su-se-so, ta-chi-tsu-te-to, dan ha-hi-fu-he-ho. Huruf-huruf tersebut ditambahan tanda (“) yang disebut “tenten (dibaca : tengteng) bunyinya berubah menjadi huruf-huruf Hiragana Dakuon. Adapun Huruf-hurufnya adalah seperti dalam tabel di bawah ini :

Contoh Kata Hiragana Dakuon

Untuk Cara penulisannya sama persis seperti penulisan Huruf Hiragana Seion hanya saja ditambahkan tanda “tenten” seperti tadi yang ditempatkan kira-kira di bagian kanan atas huruf. Contoh kosakatanya adalah 

ばら (Bara) = Mawar     げんき (Genki) = Sehat

がっこう (Gakkou) = Sekolah  ごはん (Gohan) = Nasi

どこ (Doko) = Dimana    ぞお (Zoo) = Gajah

ざっし (Zasshi) = Majalah   どろぼう (Dorobou) = Maling

ぎんこう (Ginkou) = Bank   ぶたにく (Butaniku) = Daging Babi

Huruf Hiragana Handakuon

Hiragana Handakuon (dibaca : Hangdakuong) hanya berjumlah 5 huruf (pa-pi-pu-pe-po) yang merupakan turunan dari huruf konsonan “ha-hi-fu-he-ho”. Bedanya adalah ada tanda bulat kecil yang disebut “maru” yang terletak di kanan atas huruf.

Contoh Kata Hiragana Handakuon

えんぴつ (Enpitsu) = Pensil

ぱちんこ (Pachinko) = Tempat Judi

ぺらぺら (Pera-Pera) = Fasih

Hiragana Youon

Hiragana Youon atau disebut juga dengan huruf konsonan ganda karena huruf tersebut adalah penggabungan dari dua huruf. Huruf pertama yaitu semua jenis huruf konsonan bervocal “a-u-o”. Sedangkan huruf kedua adalah huruf “ya-yu-yo” yang ditulis lebih kecil dari huruf pertama yang menandakan huruf ya-yu-yo tersebut dibaca pendek.

Apabila 2 huruf tersebut ditulis sama besar, maka dibaca menjadi 2 huruf dan artinya pun berubah. Jadi tolong berhati-hati ! Berikut Tabel huruf Hiragana Youon :

Contoh Kata Hiragana Youon

びょういん(Byouin) = Rumah Sakit じゅうしょ (Jyuusho) = Alamat

ひゃく (Hyaku) = 100        じゃま (Jyama) = Menganggu

じょうず(Jyouzu) = Pintar     にんぎょう (Ningyou) = Boneka

じてんしゃ(Jitensha) = Sepeda   ぎゅうにく (Gyuuniku) = Daging Sapi

きゅうけい(Kyuukei) = Istirahat  りょうしん (Ryoushin) = Orang tua

Latihan Soal Huruf Hiragana dan Artinya!

Bagaimana? Mudah dipelajari bukan? Agar kemampuan anda semakin terasah mari kita asah kemampuan dengan mencoba mengerjakan soal-soal berikut ini. Tulis dalam buku catatan anda agar mudah diingat!

Ubah Kosakata di Bawah ini ke Dalam Huruf Hiragana

  1. Taberu =>. . . . . . .    (Makan)            6. Hon => . . . . . . . (Buku)
  2. Nomu => . . . .. . . .    (Minum)           7. Daidokoro => . . . . (Dapur)
  3. Shashin =>. . . . . . .  (Foto)                 8. Densha => . . . . . . (Kereta)
  4. Tokei => . . . . . . . . . (Jam Dinding)  9. Toukyou => . . . . . (Kota Tokyo)
  5. Ude Dokei => . . . . . (Jam Tangan)  10. Anime => . . . . .  (Kartun)

Ubah Huruf Hiragana di Bawah ini Menjadi Huruf Romaji (Alphabet)

  1. ふゆ => . . . .  (Musim Dingin)    いえ => . . . .. (Rumah)
  2. よる => . . . . .(Malam Hari)        でんき => . . . (Lampu)
  3. じゃがいも => . . . (Kentang)               おいのり => . . . (Shalat)
  4. むりょう => . . . . . (Gratis)                けいたいでんわ => . . . (Telepon Genggam/Handphone)
  5. ひこうき=> . . . . . . (Pesawat Terbang) きゅうりょう => . . . (Gaji)

Tips Belajar Huruf Jepang A sampai Z

Mengingat banyaknya pertanyaan yang datang kepada saya mengenai metode belajar Bahasa Jepang yang baik dan cepat, maka  saya akan memberikan sedikit tipsnya. Sebenarnya Belajar Bahasa Jepang itu bermacam-macam caranya, anda bisa mengikuti kursus yang ada di kota anda, atau juga belajar otodidak seperti dengan melakukan hal-hal berikut ini :

 1. Menonton Film Jepang

Film-film drama atau reality show Jepang banyak tersedia di internet. Genrenya pun bermacam-macam. Ada horor, romantis, humor, dan lain-lain. Dengan menonton film, setidaknya kemampuan pendengaran anda dalam Bahasa Jepang bisa bertambah. Selain itu, skill membaca huruf Jepang pun akan diasah karena film-film Jepang biasanya selalu menyertakan teks Bahasa Jepang di bagian bawahnya.

Anda juga bisa menambah wawasan Bahasa Jepang anda dengan menonton kartun Jepang atau anime seperti one piece, naruto, dan lain-lain. Belajar Bahasa Jepang melalui anime memang lebih menarik namun kekuranganya adalah biasanya Bahasa Jepang yang digunakan adalah bukan bahasa formal yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa yang benar.

2. Membaca Manga

Cara menarik lainnya untuk belajar Bahasa Jepang adalah dengan cara membaca manga atau komik Jepang. Skill membaca huruf – huruf Jepang sangat dibutuhkan di sini. Manga asli Jepang kebanyakan memakai banyak kanji, tapi ada juga manga-manga yang di khususkan untuk anak-anak kecil yang menggunakan huruf Jepang dasar seperti Huruf Hiragana dan Huruf Katakana.

3. Mendengarkan Lagu Jepang

Saat ini ada banyak lagu-lagu Jepang di Indonesia yang cukup terkenal. Misalnya saja lagu-lagu dari AKB48 atau lagu dari soundtrack sebuah anime Jepang. Anda bisa download di handphone atau laptop lagu-lagu Jepang tersebut dan coba untuk mendengarkannya setiap hari ketika di mobil atau disaat waktu senggang.

Meskipun banyak lirik yang belum dimengerti artinya, minimal anda sudah bisa melatih kepekaan pendengaran Bahasa Jepang anda dengan cara memutar lagu-lagu Jepang. Usahakan juga lagu yang diputar bertempo slow dan enak didengar agar kata demi kata dalam lagu tersebut dapat terdengar dengan jelas. Contohnya lagu-lagu Jepang terbaik bisa dilihat di sini 

4. Cari Teman Orang Jepang

Cara ini paling efektif dalam belajar Bahasa Jepang karena anda akan langsung berhadapan dengan Orang Jepang (komunikasi dengan Orang Jepang). Anda bisa mencari teman orang Jepang melalui media sosial yang sering dipakai oleh orang Jepang seperti twitter dan line.

Di Indonesia sendiri ada banyak orang Jepang yang sudah menetap dan fasih berbahasa Indonesia. Manfaatkan hal tersebut untuk anda belajar Bahasa Jepang karena Orang Jepang sangat suka dengan orang asing yang ingin belajar bahasanya mereka dengan catatan anda dapat mengambil hatinya terlebih dahulu bahwa anda benar-benar ingin belajar.

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang

Tujuan orang memepelajari Bahasa Jepang itu berbeda-beda, ada yang sekedar iseng ingin mempelajari, ada juga yang memang berniat mempelajari lebih dalam dengan maksud tertentu. Contohnya belajar Bahasa Jepang sebagai persiapan pergi liburan ke Jepang.

Untuk menjadi pelancong asing memang sangat tidak mudah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar ketika di sana tidak terjadi hal-hal yang diingingan dan liburan anda pun berjalan lancar. Misalnya saja ketika anda tidak tahu jalan dan ingin bertanya kepada seseorang, tentu anda harus paham Bahasa Jepang bukan ? Syukur – syukur apabila orang tersebut fasih berbahasa Inggris.

Setidaknya ada 4 faktor yang harus dipelajari agar bisa fasih bicara Jepang dengan baik dan benar. Meskipun hanya materi dasar, setidaknya anda sudah mampu berkomunikasi secara sederhana dengan warga di sana.

Membaca Huruf

Hampir semua tempat-tempat umum di Jepang bertuliskan huruf-huruf Jepang yang pastinya anda belum paham. Memang ada sebagian yang sudah dilengkapi dengan Bahasa Inggris, namun untuk meminimalisir miss communication saya sarankan anda belajar huruf-huruf Jepang seperti pembahasan di atas mengenai huruf Hiragana dan Huruf Katakana di sini.

Perbendaharaan Kosakata

Cobalah untuk membeli kamus saku Bahasa Jepang di toko buku untuk menambah jumlah perbendaharaan kata dan juga bisa dibawa ketika pergi ke Jepang nanti. Semakin banyak hafalan kosakata Bahasa Jepang anda, semakin mudah juga anda berkomunikasi dengan Orang Jepang meskipun harus terbata-bata.

Mulailah menghafal kosakata yang ada hubungannya dengan kegiatan anda selama di Jepang misalnya alat transportasi, nama-nama produk di toko swalayan, atau nama tempat di Jepang. Berikut daftar kosakata Bahasa Jepang yang biasa digunakan oleh para turis asing di Jepang.

KosakataBahasa JepangArtiKosakataBahasa JepangArti
BasuバスBusOkaneお金Uang
TakushiiタクシーPermenKau買うBeli
Heya部屋KamarOmiyageお土産Oleh-oleh
Hikouki飛行機PesawatShashin写真Foto
Densha電車KeretaTabemono食べ物Makanan
Kippu切符TiketNomimono飲み物Minuman
Bansen番線JalurArigatouありがとうTerimakasih
DokoどこDimanaOtearaiお手洗いToilet
EkiStasiun KeretaKonbiniコンビニMinimarket
Kuukou空港BandaraHoteruホテルHotel

Pola Kalimat

Setelah menghafal beberapa kotoba (kosakata) di atas, poin selanjutnya yang harus dipelajari adalah merangkai kosakata tersebut menjadi sebuah kalimat yang terstruktur dan dapat dipahami oleh lawan bicara kita. Kalimat tersebut bisa berupa pertanyaan, permohonan, atau yang lainnya.

Untuk merangkai sebuah kalimat dalam Bahasa Jepang polanya memang tidak terlalu rumit. Bahasa Jepang adalah bahasa yang simpel dalam pengucapan, karena kebiasaan orang Jepang yang suka mempersingkat sebuah kata atau kalimat. Langsung saja akan saya tulis dan jelaskan beberapa kalimat sederhana yang mudah-mudahan akan bermanfaat ketika anda berkunjung ke Jepang nanti.

KalimatArti
Tokyo eki ni ikitai desuga, doyatte ikimasuka?Saya Ingin Pergi ke Stasiun Tokyo, Bagaimana Caranya?
Sumimasen, Otearai wa doko desuka?Permisi, Toilet ada dimana ya ?
Sumimasen, Shashin onegaishitemo ii desuka?Maaf, boleh gak tolong fotoin saya ?
Isshoni Shashin TorimasyoukaMau gak kita foto bareng – bareng ?
kore, nedan ga ikura desuka?Ini, harganya berapa?
Rupia o En ni kaetai desuSaya Ingin Menukar Rupiah ke Yen
Nihon go hanasemasenSaya tidak bisa berbicara Bahasa Jepang
Rain ID morattemo ii desukaBoleh gak minta Line ID kamu ?
Eigo DekimasukaBisa Bahasa Inggris?
Takushii o yonde moratte ii desukaBisa tolong panggilkan taksi buat saya?
Haneda Kuukou ni modoritai desuSaya ingin kembali ke Bandara Haneda
Indonesia karakimashitaSaya berasal dari Indonesia
anata no namae wa dare desukanama kamu siapa ?
Mappu o kaite moratte kudasaiTolong buatkan map/arah buat saya !
Heya banggou o wasuremashitaSaya lupa nomor kamar saya
Watashi no seki wa doko desuka?Dimana tempat duduk saya (sambil memperlihatkan tiket)
Tomodachi to isshoni suwaritai desusaya ingin duduk bersama teman saya
Tasukete kurete arigatou gozaimasuTerimakasih telah membantu saya
Sayounara, mata aimashouSelamat Tinggal, Sampai jumpa lagi
Itsuka, Indonesia ni asonde kudasaiKapan-kapan, tolong main ke Indonesia

Huruf Hiragana Download

Kalau kamu ingin memasang huruf hiragana, berikut saya bagikan link untuk mendownloadnya

Download font Hiragana tfb

Kalau anda ingin mempelajari Bahasa Jepang lebih detail, silahkan kunjungi halaman ini. Sebagai penutup pelajaran kali ini, mari kita dengarkan sebuah lagu dari Greeeen yang berjudul “A-I-U-E-O” berikut ini.

Japanesia