CARA CEPAT DAN PRAKTIS BELAJAR HURUF KATAKANA ONLINE

Huruf Katakana

Huruf Katakana adalah salah satu dari 3 jenis huruf yang dipakai di Jepang selain Huruf Hiragana dan Huruf Kanji. Huruf ini digunakan ketika menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing yang disebut gairaigo (外来語). Selain itu, digunakan juga untuk menuliskan nama-nama orang asing dan juga menulis onomatope serta kata-kata dalam Bahasa jepang yang sifatnya berupa penegasan.

Jenis-Jenis Huruf Katakana

Dalam penulisannya, Huruf Katakana ini lebih mudah karena huruf-hurufnya bergaris lurus. Sama seperti Huruf Hiragana, dalam Huruf Katakana juga ada klasifikasi huruf yang dibagi menjadi Katakana Seion(片仮名清音), Katakana Dakuon (片仮名濁音), Katakana Handakuon (片仮名半濁音) dan Katakana Youon (片仮名拗音). Langsung saja kita bahas secara lengkap dan ringkas agar mudah dipelajari.

Katakana Seion

Katakana Seion (dibaca : Seiong) adalah huruf-huruf pelafalan dasar yang terdiri dari huruf vocal dan huruf konsonan. Jumlah dan susunan hurufnya sama dengan Hiragana Seion, yang membedakan hanya bentuk hurufnya saja. Berikut tabel dari Huruf Katakana Seion :

Angka dan tanda panah di sekitar huruf adalah cara penulisan. Jika diperhatikan lebih seksama, ada beberapa huruf yang bentuknya mirip yaitu huruf tsu dan shi serta huruf so dan n. Secara kasat mata memang terlihat mirip tetapi sebenarnya jika dilihat dari tatacara penulisan dan goresan huruf-huruf tersebut tidaklah sama.

Contoh kosakata Bahasa Jepang serapan asing yang menggunakan Huruf Katakana Seion adalah camera (カメラ, note (ノート) dibaca nooto, dan air conditioner (エアコン) yang dibaca eakon. Orang Jepang memang suka menyingkat sebuah kosakata misalnya saja personal computer menjadi pasokon.

Katakana Dakuon

Katakana Dakuon (dibaca : dakuong) jumlahnya 20 huruf dan merupakan turunan dari sebagian Huruf Katakana Seion yaitu huruf konsonan ka-ki-ku-ke-ko, sa-shi-su-se-so, ta-chi-tsu-te-to, dan ha-hi-fu-he-ho. Huruf-huruf tersebut ditambahan tanda (“) yang disebut “tenten (dibaca : tengteng) bunyinya berubah menjadi Huruf Katakana Dakuon. Adapun Huruf-hurufnya adalah seperti dalam tabel di bawah ini :

Contoh kosakata asing yang memakai Huruf Katakana Dakuon adalah terebi (テレビ) yang artinya televisi atau juga bideo (ビデオ) yang artinya video dan masih banyak lagi.

Huruf Katakana Handakuon

Ini juga sama seperti Huruf Hiragana Handakuon yaitu berjumlah 5 buah (pa-pi-pu-pe-po). Sebagai tambahan, ada 3 huruf yang sama bentuknya baik dalam hiragana maupun katakana yaitu huruf “he”, huruf “be” dan huruf “pe”. Contoh kosakata Bahasa jepang dari Katakana Handakuon adalah pen (pen)= ペン, appuru (apple)=アップル, painappuru (pineapple)=パイナップル dan lain-lain.

Katakana Youon

Jumlah Katakana Youon lebih banyak dibanding Huruf Hiragana Youon karena nama-nama dalam bahasa asing memang menggunakan semua huruf romawi. Contoh Kosakatanya adalah Kyarakutaa (キャラクター) = character, adobenchaa (アドベンチャー) = adventure dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Katakana memakai tanda vokal panjang yang disebut chōonpu (超音符) dalam kosakata serapan asing. Chouonpu yaitu garis pendek/strip (ー) yang mengikuti arah kata garis vertikal untuk tategaki (縦書き) dan garis horizontal untuk yokogaki (横書き).Itulah sekilas mengenai Huruf Katakana. Sebagai latihan coba tulis nama anda menggunakan Huruf Katakana dan ulangi sampai anda benar-benar bisa tanpa melihat. Oh iya jangan kunjungi juga Cara Cepat & Praktis Belajar Huruf Hiragana  agar pemahaman Bahasa Jepang anda lebih mantap.Bagi anda yang sudah membaca artikel ini, saya ucapkan arigatou gozaimasu (terima kasih banyak). Jangan malu untuk bertanya pada kolom komentar kalau belum paham. Insya Allah saya akan menjawab semampu saya. Sebagai penutup mari kita lihat sebuah video yang sedang viral saat ini, anda juga bisa belajar huruf katakana dari video ini :D.

Back To Top