MEMBELI BARANG BEKAS DI JEPANG

MEMBELI BARANG BEKAS DI JEPANG

Membeli barang bekas di Jepang memang bukan hal aneh terutama bagi orang asing seperti saya. Gaji pas-pasan dan biaya hidup yang tinggi membuat saya harus pintar-pintar mengatur keuangan agar ketika pulang ke Indonesia bisa membawa tabungan yang cukup. Salah satu cara menghemat saya ketika di Jepang adalah membeli kebutuhan sehari-hari di toko barang bekas.

Jenis Barang yang Dijual

Barang bekas yang dijual di re-use shop atau toko barang bekas di Jepang sangat beraneka macam, mulai dari barang-barang fashion yang meliputi pakaian, sepatu, tas, perhiasan, dan juga asesoris. Ada juga peralatan kebutuhan rumah tangga seperti barang pecah-belah, kulkas, mesin cuci, kompor listrik, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga mainan anak, sampai peralatan elektronik seperti handphone, kamera, laptop, alat musik, dan lain-lain. Artinya, hampir segala kebutuhan hidup bisa ditemukan di Chuukohin Shop atau toko barang bekas di Jepang.

Toko Barang Bekas di Jepang

Selama di Jepang, sudah beberapa kali saya berbelanja di toko barang bekas . Berikut toko-toko barang bekas di daerah Toyota-shi yang pernah saya kunjungi.

Second Street

Second Street (セカンドストリート) adalah perusahaan besar di bidang penjualan dan pembelian barang-barang bekas di Jepang. Mempunyai banyak cabang hampir di seluruh Jepang termasuk yang sering saya kunjungi di daerah Toyota-shi, Prefektur Aichi. Barang yang pernah saya beli di sini diantaranya Handphone, Play Station, Pocket Camera, sepatu, baju musim dingin, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan Second Street bagi saya adalah lokasinya yang mudah dijangkau baik menggunakan kereta atau bersepeda. Dari tempat tinggal saya hanya membutuhkan kurang lebih 15 menit bersepeda. Bisa juga dijangkau dengan kereta dengan ongkos 190 yen. Selain itu Toko ini juga bersih, barang-barang ditata dengan rapi sesuai jenisnya.

Treasure Bomb

Hampir sama dengan Second Street, Treasure Bomb juga menerima jual dan beli barang-barang bekas dari berbagai rank atau kelas. Dari mulai rank C dengan kualitas terendah sampai rank S yang merupakan kualitas super. Treasure Bomb ini tempatnya lebih luas dan barangnya pun lebih lengkap. Namun lokasinya yang jauh dari tempat tinggal membuat saya jarang mengunjunginya.

Disini saya pernah membeli berbagai macam barang seperti jaket olahraga, perlengkapan sepeda, tas, dan lain-lain. Harganya pun lebih murah dibanding Second Street.

Kualitas Barang

Meskipun berlabel barang bekas, namun dalam segi kualitas, barang-barang yang dijual di Toko Barang bekas sangat memuaskan. Bahkan apabila beruntung dan cermat dalam memilih, dengan harga sangat murah, kita bisa mendapat produk bagus yang kualitasnya hampir sama dengan barang baru.

Pernah ketika 2014 lalu saya membeli Handphone Samsung S3 Alpha kondisi lengkap dengan kualitas rank S hanya dengan harga 9800 yen atau sekitar 1 juta rupiah. Setelah seminggu kemudian, saya langsung menjual handphone itu seharga 20.000 yen atau sekitar 2.100.000 rupiah. hehehe

Begitulah gambaran mengenai toko barang bekas di Jepang. Saran saya bagi teman-teman yang sekarang sedang berada di Jepang, janganlah gengsi membeli barang bekas karena selain kualitasnya masih OK, kalau membeli baru pun harganya sangat mahal. hehehe

Back To Top