TRIP TO PULAU SERIBU

Merencanakan Liburan ke Pulau Seribu

Untuk anda yang mempunyai rencana liburan ke pulau seribu bersama keluarga tercinta, anda tak perlu khawatir dan berpikiran bahwa butuh budget besar untuk bisa pergi ke sana. Awal 2016 silam pemerintah secara resmi mengumumkan sudah menggelontrorkan dana sebesar 5,9 miliar rupiah untuk subsidi ongkos kapal KM Sabuk Nusantara 46 yang ditugaskan untuk mengangkut para penumpang yang ingin berwisata ke pulau seribu

Seperti dilansir pihak menteri perhubungan, dana sebesar itu berasal dikeluarkan dari anggaran public service obligation (PSO) Kementrian Perhubungan. Ditjen Perhubungan Laut, serta dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa.

Dengan demikian, anda cukup merogoh kocek sebesar 15.000 rupiah saja setiap orang untuk sekali perjalanan ke Objek Wisata Pulau Seribu. Ignasius Johan selaku Menteri Perhubungan mengklarifikasi biaya 15.000 rupiah tersebut terdiri dari tarif tiker sebesar 12.000 rupiah per penumpang dan biaya asuransi sebesar 3.000 rupiah.

Kapal KM Sabuk Nusantara 46 ini menyediakan rute Sunda Kelapa menuju Kepulauan Seribu dengan waktu tempuh pulang pergi selama kurang lebih jam. Fasilitas lain yang diberikan adalah kapal ini memiliki kapasitas 114 orang penumpang dan mampu menampung berat sampai 100 ton barang.

Namun jika tidak ada barang yang diangkut, KM Sabuk ini sanggup mengangkut penumpang maksimum sampai 225 orang. Oleh karena itu Kemenhub menyediakan 225 unit life vest (rompi pelampung) untuk penumpang jika ada sesuatu terjadi. Sedangkan untuk waktu pengoperasiannya, kapal akan berangkat setiap pukul 07.00 dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju 3 pulau di kepulauan seribu. Jadi saya sarankan agar stay di pelabuhan sebelum jam tersebut untuk mengantisipasi tertinggal kapal.

Sementara untuk paket wisata selama berada di wisata pulau seribu harganya bervariatif tergantung pulau mana yang akan dikunjungi dan fasilitas apa saja yang ingin dinikmati. Contohnya Ketika kita mengunjungi Pulau Tidung. Di sana tarif penginapan satu malam di banderol sekitar 150.000 – 400.000 rupiah dengan kapasitas 2 – 8 orang per kamar.

Anda juga bisa menyewa peralatan untuk bermain snorkeling dan diving seharga 25.000 – 40.000 rupiah per jam. Disediakan juga sepeda bagi kita yang ingin mengitari pulau sambil bersepeda yang dihargai 20.000 – 50.000 rupiah. Namun tarif tersebut bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal tergantung keahlian anda dalam proses tawar-menawar. Menyewa sepeda adalah pilihan yang baik karena Pulau Tidung ini luasnya mencapai 109 hektar lebih. Jadi tidak mungkin anda dapat mengeksplor semuanya jika hanya berjalan kaki.

Saran saya, Jika budget kita terbatas, ketika pergi ke kepulauan seribu baik itu Pulau Tidung ataupun pulau yang lainnya, jangan pernah menggunakan jasa agen paket wisata dan tour. Selain budget bisa diminimalisir menjadi lebih hemat, sebenarnya, untuk bisa traveling ke sana cukup mudah cukup mudah.

Kita bisa bertanya kepada warga di sekitar sana. Tapi jika memerlukan bantuan dan tidak ingin repot-repot, silahkan kontak agen wisata Kepulauan Seribu yang banyak tersedia di internet  mengenai Tour Pulau Tidung yang bertebaran di Internet.

Satu lagi saran dari saya, waktu untuk mengunjungi Kepulauan Seribu sebaiknya dilakukan antara bulan April sampai Oktober karena diluar bulan tersebut cuaca diprediksi akan memburuk untuk perjalanan laut ataupun ketika sudah berada di lokasi wisata. Jika dikalkulasikan, anda cukup menyiapkan budget tidak lebih dari 1 juta rupiah / orang untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang terdapat di Kepulauan Seribu.

Back To Top